Minggu, 02 Oktober 2016

Selayang Pandang Tanggahan Tengah


Tanggahan Tengah

Tanggahan Tengah merupakan salah satu Banjar yang terletak dilingkungan Desa/Kelurahan Demulih. Bagian Utara Tanggahan Tengah berbatasan dengan Banjar Demulih, sebelah barat berbatasan dengan Banjar Serokadan, sebelah selatan berbatasan dengan Banjar Tanggahan Talangjiwa, dan sebelah timur berbatasan dengan Banjar Sedit dan Sembung. 

Secara umum keadaan topografi Banjar Tanggahan Tengah merupakan daerah dengan iklim pancaroba. Curah hujan rata–rata per tahun sekitar 950–1000 mm/th, dengan suhu rata–rata 25–270C. Kondisi ini sangat mendukung aktivitas masyarakat dalam kegiatan pertanian, sehingga sebagian besar masyarakat Tanggahan Tengah berprofesi sebagai petani. Namun terdapat juga pengerajin emas dan perak.

Banjar Tanggahan Tengah merupakan Desa Adat karena sudah memiliki Khayangan Tiga yaitu Pura Dalem, Pura Puseh, dan Pura Baleagung. Pura khayangan Tiga diempon oleh seluruh masyarakat Banjar Tanggahan Tengah, dimana Banjar Tanggahan Tengah memiliki kurang lebih 100 orang Pengarep (Pengayah Adat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar