Selasa, 04 Oktober 2016

Nyepi Saka 1937 (Waraha Awatara)

Nyepi Saka 1937
Waraha Awatara

Awatara merupakan manefestasi Dewa Wisnu yang turun kedunia untuk menyelamatkan dunia dari kehancuran. Waraha Awatara adalah Awatara dewa Wisnu yang ketiga, yang digambarkan dalam wujud seekor babi yang keluar dari hidung Dewa Brahma, membawa bumi dengan kedua taringnya bersenjata gada mengangkat bumi yang tenggelam di samudra alam semesta bernama Garbhodaka.

Waraha Awatara pada masa itu turun kedunia menyelamatkan dunia dari keserakahan Hiranyaksa yang ingin menenggelamkan Bumi. Hiranyaksa adalah seorang yang kuat yang memperoleh anugrah kekuatan dari Dewa Brahma, dimana kekuatan itu adalah tidak bisa dikalahkan oleh siapapun, Dewa ataupun hewan di dunia. Sehingga turunlah Dewa Wisnu sebagai Awatara dalam wujud manusia berkepala babi untuk menyelamatkan bumi dari keserakahan Hiranyaksa.

Dalam Nyepi Saka 1937 tahun 2015 ST. Kumara Yowana Banjar Tanggahan Tengah mennyoba mewujudkan Waraha Awatara tersebut dalam bentuk Ogoh-ogoh. Ogoh tersebut dirancang dan didesain oleh I Komang Punia Adnyana dan I Komang Edi Saputra, dalam pembuatannya dilakukan oleh seluruh anggota ST.Kumara Yowana Banjar Tanggahan Tengah selama kurang lebih 3 bulan.

2 komentar: